Tahun Baru | Uang Kartal

Tahun Baru

by Januari 02, 2016 0 komentar


Euforia tahun baru masih sangat terasa. Bukti sederhana bahwa kebanyakan kita berpihak pada emosi. Faktanya, bumi tercinta ini sudah mengalami milyaran siklus (baca: tahun) yang sama. Waktu yang kita kenal secara umum dalam rincian detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun hanyalah konsep artifisial yang didukung oleh hukum yang kita akui ilmiah.

Tentu saja nomina siklus yang saya sebutkan di atas sangat bergantung pada apa yang anda pahami/yakini soal dunia. Angkanya bisa mencapai milyaran, ribuan, atau bahkan hanya satu hari. Saya tidak sedang berusaha meyakinkan mana angka yang benar di sini.

Menurut saya, salah satu dasar utama penyusunan konsep waktu adalah angka, yang memberikan dasar yang konsisten dan tidak bias. Angka adalah bahasa yang unik. Prinsipnya sama dengan bahasa lainnya, begitu Anda memahaminya, Anda akan memahami siapa, apa dan kapan angka digunakan (bukan berarti saya memahaminya dengan baik). Menjabarkan waktu dalam angka mempermudah kita untuk memahaminya.

Ada banyak hal lain yang mengandalkan angka sebagai fondasinya. Berbagai mesin automaton canggih menggunakan hanya angka satu dan nol sebagai bahasa sistemnya. Sandi-sandi rumit yang menjamin muatannya sebagai misteri bagi mayoritas kita pun mengandalkan angka. Bahkan ada tayangan televisi yang secara vulgar mempertontonkan angka sebagai bahasa universal yang mengatur jalannya dunia. Mungkin saja itu benar. Saya tidak bisa mengetahui hal tersebut dengan pasti. Ada porsi tertentu dari cara kerja dunia yang tidak kita ketahui. Porsi lainnya kita ketahui tetapi tidak kita pahami. Lainnya lagi kita ketahui dan, kita anggap, kita pahami.

Adalah tugas yang sulit untuk mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Tugas yang lebih mudah adalah menjabarkan apa yang kita ketahui tetapi tidak kita pahami. Yang paling mudah adalah yang terakhir.

Kita sendiri (baca: manusia) merupakan faktor yang istimewa. Hampir semua konsep mengenai dunia sebagaimana kita kenal merupakan buatan manusia. Manusia juga merupakan faktor yang kita ketahui tetapi tidak dipahami sekaligus apa yang kita ketahui dan dianggap diketahui.

Menerapkan pepatah lama yang mengatakan bahwa waktu adalah uang, maka uang yang kita kenal juga dikonstruksikan dalam ide yang sama.

dangmargoar

Author

0 komentar :

Posting Komentar