THR Cair Tabungan Akherat pun Meningkat | Uang Kartal

THR Cair Tabungan Akherat pun Meningkat

by Juni 25, 2016 0 komentar
Ada tiga momen menarik yang penulis alami pada hari Jumat (24/6) kemarin. Brexit, THR cair, dan mulai masuknya Ramadhan di 10 hari terakhirnya.

Britania Raya berdasarkan hasil voting akhirnya memutuskan akan keluar dari Uni Eropa. Voting dilakukan oleh masyarakat Britania Raya (England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara) yang memiliki hak pilih dari hari Kamis (23/6) hingga hari jumat (24/6). Selama proses voting yang berlangsung kemarin, gonjang-ganjing ketidakpastian nasib Britania Raya telah memukul telak indeks saham di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Selama sesi I perdagangan saham kemarin IHSG dihajar hingga -2,28% dari yang sebelumnya IHSG bertengger di 4.874 hingga merah merona menjadi 4.737. Situasi ini tak pelak turut membuat gusar para trader saham tapi sebaliknya menjadi momen menarik bagi para investor untuk menembakkan amunisinya mendapatkan saham idaman yang sedang terkoreksi dalam. Namun, kondisi berbalik arah di sesi II perdagangan begitu hasil voting Brexit memutuskan bahwa Britania Raya akhirnya keluar dari Uni Eropa, IHSG pun mulai menunjukkan perlawanan hingga mampu closing pada posisi 4.834 (-0,82%). Dalam tulisan ini, penulis tidak membahas lebih lanjut dampak Brexit terhadap perekonomian dunia maupun sektor saham di Indonesia karena sudah banyak tulisan para pakar dan berita-berita Internasional yang telah membahasnya.


Brexit dan dampaknya

Di sisi lain, selain berita Brexit, para karyawan dan pegawai negeri, termasuk penulis, sedang menikmati saat-saat bahagia karena bertambahnya jumlah saldo uang yang masuk ke rekening gaji. Yaa, THR akhirnya cair. Eiittss..tapi jangan kalap dulu, alangkah bijaknya jika kita tidak membelanjakan THR ini sekaligus. Ada 2 prioritas utama yang harus kita lakukan sebelum membelanjakannya, yaitu menambah dana pada rekening Dana Darurat/Investasi dan Sedekah. Sekilas saja, selayaknya 10%-20% pendapatan yang kita terima harus kita alokasikan terlebih dahulu ke rekening Dana Darurat/Investasi kita sebelum digunakan untuk hal konsumtif. 

Terkait dengan masalah sedekah, beberapa hari lalu penulis mendapat tips dari Sheikh Maher, Imam Masjidil Haram, melalui grup "Whatsapp" mengenai beberapa tips menjelang 10 Ramadhan terakhir.10 Ramadhan terakhir merupakan waktu krusial bagi Umat Muslim untuk memaksimalkan ibadahnya selama bulan Ramadhan. Sebagaimana kita ketahui, pada waktu ini pula terdapat kemuliaan 1 malam yang apabila kita beribadah di dalamnya akan sama nilainya dengan ibadah hampir 84 tahun yaitu Lailatul Qadr. Berikut beberapa tipsnya:
Sedekahkan kepada siapa saja setiap hari minimal Rp 1.000 dalam 10 malam terakhir ini sehingga apabila Lailatul Qadr jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan engkau menyedekahkan sebanyak Rp 1.000 selama 84 tahun atau Rp 1.000 x 365 hari x 84 tahun.
Lakukanlah salat sunnat minimal 2 rakaat tiap malam sehingga bila Lailatul Qadr jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan engkau shalat 2 rakaat selama 84 tahun atau 2 rakaat x 365 hari x 84 tahun.
Bacalah surat Al Ikhlas minimal 3 kali setiap malam hingga apabila Lailatul Qadr jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan engkau mengkhatamkan Quran selama 84 tahun.


Tentunya tidak mungkin dong kita hanya menyedekahkan seribu Rupiah saja. Mari meningkatkan tabungan akherat kita melalui sedekah dengan menambah jumlah deret nol uang yang akan kita sedekahkan.

Semoga Bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar